Ulasan 2 - Week10

Ulasan 2 - Week10


Pada ulasan yang kedua ini akan membahas perbedaan SaaS, PaaS dan IaaS. Bahan pembelajaran kali ini didapat dari video yang berjudul Understanding Cloud: IaaS PaaS SaaS yang berdurasi 6 menit 49 detik. Video dapat diakses dengan link berikut ini : https://www.youtube.com/watch?v=eCoapK4dzGo. Video dibuat oleh channel yaitu Tech Data Technical Service yang dimana beberapa Tech Data teams yang membuat channel ini.




IaaS
Didalam IaaS ada 2 bagian yang perlu di manage kita sendiri dan oleh outsource dari cloud service provider. Yang perlu kita manage pada IaaS yang berwarna hijau dan yang di manage dengan outsource yang berwarna merah. Tetapi pada bagian O/S tergantung pada tipe perjanjian lisensi O/S yang dipilih. IaaS juga bisa akan merancang operating system kita dengan shared environment atau multi-tenant environment atau dedicated environment. Keuntungan menggunakan IaaS adalah kita tidak perlu lagi membeli hardware atau mengeluarkan biaya untuk operating system lagi, IaaS juga membantu kita untuk save resources, time dan money.

PaaS
Pada PaaS akan memungkinkan customer, terutama developers aplikasi untuk mengembangkan, menjalankan dan me-manage aplikasinya tanpa memperhitungkan resource cost. Pada PaaS customer hanya perlu membayar platform untuk membuat aplikasi atau service jika ingin bagian yang lebih eksklusif dari yang lainnya. Developers yang menggunakan ini juga tidak perlu khawatir tentang konfigurasi atau maintaining infrastruktur untuk development. 

SaaS
SaaS merupakan software application pada permintaan melalui internet biasanya menggunakan browser web seperti model layanan cloud lainnya yang di host di cloud provider sehingga pelanggan tidak perlu membayar perangkat keras yang dibutuhkan untuk menyebarkan dan mengoperasikan aplikasi ini.



GITHUB Account : gabriellenatasha
Video Author: Tech Data Technical Service
Pemetaan konten: week10
Submisi Revisi Pertama : 7 Mei 2017
Submisi Revisi Terakhir: 7 Mei 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANKING07

RANKING05

RANKING09